Selasa, 13 Mei 2014

UAS METEOROLGI DAN KLIMATOLOGI

UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2013/2014
MATAKULIAH METEOROLOGI-KLIMATOLOGI

Nama : ADHYTA SATYAWIDYANANDA
NIM : 120721435398
Offering ; L / 2012
Prodi : Pendidikan Geografi

SOAL
1.      Uraikan iklim Indonesia dan faktor penyebabnya!
2.      Mengapa Indonesia beriklim A (Af, Am, Aw) menurut Koppen?
3.      Bagaimana pengaruh iklim terhadapa kehidupan?
4.      Jelaskan klasifikasi iklim empirik yang tepat di Indonesia disertai argumentasinya!
5.      Cari dan temukan data iklim Saudi Arabia atau Timur Tengah. Analisis tipe iklimnya menurut Koppen disertai argumentasinya!


JAWABAN

1.      a. Iklim Musim (iklim Muson)
Iklim ini terjadi karena pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah tiap-tiap setengah tahun sekali. Angin musim di Indonesia terdiri atas angin Musim Barat Daya dan Angin Musim Timur Laut.
·      Angin Musim Barat Daya.
 Angin Musim Barat Daya yang bertiup antara bulan Oktober sampai April sifatnya basah. Pada bulan-bulan tersebut, indonesia mengalami musim penghujan.
·      Angin Musim Timur Laut.
 Angin Musim Timur Laut yang bertiup antara bulan April sampai Oktober, sifatnya kering. Akibatnya, pada bulan-bulan tersebut, Indonesia mengalami musim kemarau.

b.      Iklim Tropika (Iklim Panas).
Indonesia terletak di sekitar Khatulistiwa. Akibatnya, Indonesia termasuk daerah tropika (panas). Keadaan cuaca di Indonesia rata-rata panas mengakibatkan negara Indonesia beriklim tropika (panas). Iklim ini berakibat banyak hujan yang disebut Hujan Naik Tropika.

c.       Iklim Laut.
Negara Indonesia adalah negara kepulauan. Sebagaian besar tanah daratan Indonesia dikelilingi oleh laut atau samudra. Itulah sebabnya di Indonesia terdapat iklim laut. Sifat iklim ini lembab dan banyak mendatangkan hujan.





2.        Hal ini berdasarkan pada data suhu dan curah hujan rata-rata bulanan dan tahunan di Indonesia. Menurut koeppen di Indonesia termasuk iklim A, hal ini dikarenakan di Indonesia memenuhi syarat untuk digolongkan menjadi Iklim A (Af, Am, Aw). Alasannya di Indonesia mempunyai suhu bulanan terdingin >18 derajat celcius dan tanaman tropis tertentu yang peka tidak dapat hidup. Jadi menurutnya wilayah iklim ini merupakan kawasan tanaman magatern yang memerlukan secara terus menerus dan hujan melimpah. Dan ciri lain dari iklim A adalah iklim hujan tropis tanpa musim dingin.
3.   Pengaruh iklim terhadap kehidupan sangat besar, namun demikian ini  tidak berarti antara iklim dan kehidupan selalu ada kaitan “sebab-akibat”.Pengaruh iklim terhadap kehidupan  antara lain:
·         Suhu yang dingin membuat manusia menggigil kedinginan dan mempertebal pakaiannya ataupun selimutnya, makan makanan yang bereaksi memanaskan tubuh contoh kopi panas
·         Mental dan emosi manusia dapat dipengaruhi oleh keadaan cuaca dan iklim.
               Contoh pada suhu yang panas lebih cepat marah.
·          Suhu ektrim dingin dapat menyebabkan gangguan pernafasan
·          Suhu ektrim panas dapat menyebakan dehidrasi.
4.      Iklim tropik, karena klasifikasi iklim ini mempunyai suhu yang selalu      tinggi sepanjang tahun. Amplitudo suhu tahunan kecil, sehingga pemusiman berdasarkan suhu tidak ada, tetapi yang ada pemusiman berdasarkan perrbedaan curah hujan. Sebenarnya klasifikasi koppen dapat diterapkan di indonesia, tetapi mengingat variasi curah hujan di indnesia sangat besar berdasarkan stasiun cuaca maka hasil dari klasifikasi koppen kurang memberi gambaran yangg memuaskan. Secara empiris indonesia berdasarkan suhu dan curah hujan menempatkan kalifikasi iklim tropik yang bersifat panas dan hanya memiliki dua mmusim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Berdasarkan klasifikasi iklim koppen Indonesia termasuk iklim A (tropis), dan iklim tersebut masih terbagi menjadi 3 tipe yang berbeda yaitu, iklim Af, Am, Aw. Sebagian besar wilayah Sumatra dan Kalimantan menurut klasifikasi koppen wilayah ini merupakan tipe iklim hujan tropis (Af), dengan tingkat kelembaban udara dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Tipe vegetasi yang mendominasi wilayah ini, yaitu hutan hujan tropis. Selain itu wilayah Jawa Barat didominasi oleh tipe iklim Af dan iklim Am. Daerah yang bertipe iklim Am memiliki curah hujan lebih rendah dibandingkan dengan Af sehingga vegetasinya adalah hutan hujan musim. Daerah ini meliputi sebagian wilayah Jawa Barat. Dan iklim sabana tropis (Aw) memiliki curah hujan yang lebih rendah dibandingkan dengan Am sehingga vegetasinya didominasi sabana. Di Indonesia daerah yang memiliki tipe iklim ini meliputi, Sulawesi, Maluku, Bali, dan Nusa Tenggara.
5.      Iklim Arab Saudi
Arab Saudi memiliki iklim gurun hangat ( tipe BWH menurut klasifikasi iklim Köppen ) dengan musim panas yang panas dan kering dan musim dingin ringan dan cukup kering . Pemandangan terdiri dari daerah besar padang pasir ( pasir dan batu ) dan sebuah daerah di bagian barat daya negara yang berbatasan dengan Yaman vegetasi padang rumput seperti yang menyebabkan lanskap untuk menjadi lebih hijau di sini. Wilayah pegunungan ini , pegunungan Asir mendapat curah hujan lebih dari sisa negara . Angka curah hujan tahunan di daerah tertinggi akan naik hingga 500 milimeter . Di wilayah pegunungan ini iklim gurun hangat secara bertahap menjadi iklim padang rumput yang hangat .

Informasi Iklim tempat dan daerah di Arab Saudi.
Dari data tersebut Suhu tertinggi terjadi pada bulan juli dan agustus yakni 43 drajat C, sedangkan suhu terendah terjadi padabulan januari yakni 8 drajat C.Bagian terbesar dari Arab Saudi sangat kering dan hanya mendapatkan beberapa puluh milimeter curah hujan tahunan . Terutama daerah yang lebih rendah dan daerah pantai yang sangat kering . Kebanyakan hujan yang jatuh tidak jatuh selama musim dingin . Satu-satunya pengecualian adalah pegunungan Asir , bagian paling selatan dari daerah ini juga mendapatkan hujan selama musim panas . Di kota Najran hujan jatuh dari bulan Maret sampai September, musim dingin di sini cukup kering .
Selama musim panas suhu yang sangat tinggi dapat direkam di Arab Saudi , baik pada siang hari dan pada malam hari . Dalam Jizan , yang terletak di bagian barat daya Arab Saudi di Laut Merah , suhu malam hari sekitar 30 derajat Celcius . Selama hari suhu naik sampai 40 derajat Celsius atau bahkan lebih tinggi .. Selama siang hari suhu musim dingin adalah antara 20 dan 30 derajat Celsius rata-rata . Selama suhu malam yang jauh lebih rendah . Di padang pasir dan di daerah pegunungan suhu di bawah nol pada malam hari yang tidak biasa. Selama musim dingin salju dapat jatuh di pegunungan Asir .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar