Selasa, 13 Mei 2014

PENGEMBANGAN WILAYAH DI KAB.MOJOKERTO

Nama : Adhyta satya widyananda
NIM : 120721435398
Offering : L / 2012

PENGEMBANGAN WILAYAH DI KABUPATEN MOJOKERTO
Pengembangan  wilayah di kabupaten mojokerto cenderung kepada sektor industri dan pariwisata. Kabupaten Mojokerto dalam pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) melakukannya di bawah pengawasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Secara umum potensi IKM Kab.Mojokerto tersebar di berbagai desa di tiap kecamatan. IKM yang paling menonjol di Kab.Mojokerto adalah IKM sepatu (anggota cluster alas kaki) terbukti dengan dibangunnya Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan (PPST) yang merupakan pasar sepatu pertama terbesar di Indonesia, melayani pembelian partai maupun eceran, serta spesifikasi produk alas kaki terlengkap termasuk sepatu dan sandal casual, sepatu olahraga, sepatu safety for industry, dan sebagaianya.
Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan merupakan sentra pemasaran industri sepatu di Mojokerto. PPST sebagian besar memasarkan sepatu hasil industri pengrajin sepatu Mojokerto seperti daerah sooko, kepindon, kedungpring dan sekitarnya, selain itu dipasarkan juga sepatu dari luar daerah seperti Sidoarjo dan daerah lain. Saat ini, terdapat sekitar 20 stand yang menjual sepatu dan tas yang kualitas nya tidak kalah dengan produk merek ternama. Terdapat sepatu dan sandal untuk segala usia, dan model-model terbaru, pastinya semua dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan.
Adapun  IKM lainnya yakni Perhiasan Perak yang dengan jumlah pengrajin terbanyak terdapat di desa Batankrajan kecamatan Gedeg, yang juga merupakan juara pertama desa percontohan sekabupaten Mojokerto. kebanyakan produk perhiasan perak ini dipasarkan ke Bali dan Surabaya bahkan ada yang hingga ekspor ke Jerman. IKM ini juga sekarang mengalami pembangunan yang pesat.
Kab.Mojokerto juga memiliki potensi IKM di bidang tekstil, diantaranya produksi tas dompet dengan pemasaran Sidoarjo dan Surabaya hingga luar daerah lainnya. serta produksi kaos olahraga (penyedia terbesar seragam olahraga di wilayah Jawa Timur serta sebagian luar pulau Jawa), topi bordir (suplier terbesar dan tertua atribut topi hingga daerah bandung) dan konveksi (melayani pemesanan seragam instansi negeri maupun swasta hingga luar pulau Jawa). IKM di bidang seni antara lain kerajinan patung batu di daerah Trowulan dengan kekhasan budaya Majapahit, serta kerajinan cor kuningan dengan nuansa yang serupa serta aplikasi produk yang lebih luas baik untuk hiasan dalam dan luar ruangan serta tropi piala, dan segala bentuk sesuai pemesan, dengan pemasaran ke Bali hingga ekspor ke mancanegara termasuk beberapa negara-negaraEropa. Dari semua IKM di kabupaten mojokerto hampir semua mendapat perhatian lebih dari dinas perindustrian dan perdagangan. Karena semua produk yang dihasilkan oleh IKM tersebut sedah mencapai pasar nasional bahkan pasar internasional. Upaya pengmbngan wilayah di bidang industri yang dilakukan ternyata tidak sia-sia.  Oleh sebab itu industri kecil menengah di kabupaten mojokerto sangat berkembang dan mendapat perhatian ebih dari pemerintah
Hal lain adalah perkembangan industri besar di Mojokerto, antara lain: Kecamatan Sooko terkenal sebagai sentra industri sepatu dan sandal, Kecamatan Trowulan terkenal dengan kerajinan emas, perak, dan patung batu. Kecamatan Bangsal terkenal dengan krupuk rambaknya dan juga sekolah polisi negara. dan juga kecamatan dawarblandong penghasil cabe terbesar di jawa timur.
Di kabupaten Mojokerto juga terdapat kecamatan trowulan, yang pernah menjadi pusat Kerajaan Majapahit. Ini terlihat dari banyaknya sisa peninggalan sejarah kerajaan tersebut yang dijumpai di sana. Trowulan adalah daya tarik utama wisata sejarah di kabupaten ini, karena terdapat puluhan candi peninggalan Kerajaan Majapahit, makam raja-raja Majapahit, serta Pendopo Agung yang diperkirakan berada tepat di pusat istana Majapahit. Diantara begitu banyaknya tempat wisata sejarah di kec. Trowulan ada salah satu  yang paling berkembang yaiutu museum trowulan. Museum trowulan baru secara resmi dibuka pada tahun 1987.Bangunan museum ini mencakup lahan seluas 57.625 meter persegi, bangunan ini menampung koleksi Museum Trowulan lama serta berbagai arca batu yang sebelumnya disimpan di Museum Mojokerto. Kebanyakan dari koleksi museum ini berasal dari masa kerajaan Majapahit, akan tetapi koleksinya juga mencakup berbagai era sejarah di Jawa Timur, seperti masa kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singhasari. Museum ini terletak di tepi barat kolam Segaran. Museum Trowulan adalah museum yang memiliki koleksi relik yang berasal dari masa Majapahit terlengkap di Indonesia. Museum  trowulan ini diusulkan untuk menjadi kawasan Warisan Dunia UNESCO. Oleh sebab itu sampai sekarang museum trowulan terus dikembangkan.
Selain wisata sejarahnya kabupaten mojokerto juga memiliki wisata alam yang sangat terkenal di indonesia. Pacet selain menjadi magnet bagi wisatawan lokal ternyata juga mampu menyedut lebih dari 15% wisatawan kota surabaya. Angka tersebut terus berkembang mulai tahun 2000. Sejalan dengan perkembangan jumlah kunjungan wisatawan di pacet maka sekarang banyak mendatangkan investor – investor yang mulai melirik kemolekan alam daerah pacet. Beberapa investor dari provider – provider wisata alam daerah lain mulai melirik untuk menanamkan saham di pacet, dengan wujud munculnya beberapa provider pacet rafting , outbound pacet dan munculnya beberapa villa yg di sewakan. Serta di tandai dengan munculnya beberapa paket yang di tawarkan. Paket menarik dan kreatif banyak yang di kemas dengan di isi kegiatan – kegiatan kreatif yang mendidik.
Kawasan pegunungan di selatan juga merupakan kawasan wisata andalan, di antaranya Wisata Arung Jeram dan Lokasi Outbound Training OBECH Wilderness Experience,  Rafting Pacet Obech ini berlokasi di Sungai Kromong terletak kawasan wisata alam Bandulan, Pacet di Kabupaten Mojokerto. Sungai ini memiliki gradian ± 40 derajat dengan grade 2 s/d 3. Perjalanan dari basecamp menuju tempat start diawali dengan naik shuttle pick-up, melewati jalan yang berkelok-kelok di perkampungan, persawahan dan perkebunan sekitar 10 menit. Anda juga akan diajak pemanasan sekitar 10 menit dengan soft trekking menuruni perbukitan dengan pemandangan yang menakjubkan.

Selain itu, Pemandian Air Panas juga merupan tempat wisata alam yang terletak di paling selatan kabupaten mojokert. Wisata Air Panas Padusan Pacet sudah dikelola secara profesional. Wisata Pemandian Air Panas Pacet juga mempunyai sejumlah kolam renang dari air dingin, yang bisa digunakan baik anak-anak ataupun dewasa. Pemandian Air Panas Pacet ini berada di samping kolam air dingin. Kolam air panasnya terdapat di dua lokasi yang bersebelahan, di mana tiap lokasi kolam air panasnya dibuat dengan suhu air yang berbeda. Yang paling panas suhunya mencapai sekitar 40 derajat celcius, sementara yang hangat suhunya sekitar 30 derajat celcius. Masing-masing kolam di Pacett ini mampu untuk menampung ratusan orang. Para pengunjung yang berendam serta mandi di air kolam pemandian air panas Pacet ini mempercayai kalau air panas di sini mengandung belerang alami yang mampu untuk menyembuhkan serta mencegah bermacam penyakit kulit. Perpaduan antara udara pegunungan yang dingin serta hangatnya air belerang alami membuat  Pacet menjadi tempat wisata kesehatan di Mojokerto, Selain itu banyak wisata yang anda bisa dapatkan selama berada di dalam area pemandian air panas, diantaranya ada wisata outbaound yang mengedepankan keberanian serta teamwork yang bisa meningkatkan kinerja maupun rasa percaya diri, ATV,air terjun Cuban Grenjengan, yang banyak digemari Saat ke Mojokerto. dan sekali lagi pemandian air panas di kawasan pacet ini bisa menarik minat wiasatawan asing, setiap minggu pasti ada wisatawan mancanegara yang berkunjung disini.
Wisat terakhir yang ada di kabupaten mojokero yang mengalami pembanguna sangat pesat adalah pemandian ubalan, berbeda dngan pemandian air panas, ubalan ini lebih mengutamankan kesegaran airnya, air di pemandian ubalan ini sangat dingin dan segar. Wisata pemandian Ubalan Pacet berada di desa Pacet kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Di dalam wisata tersebut kita bisa menikmati pemandangan kolam renang dan beberapa taman bermain untuk anak. Juga terdapat kolam ikan dan mainan sepeda bebek yang bisa kita sewa untuk berkeliling di kolam ikan tersebut. 

Keungglan wisata yang dimiliki oleh Kecamatan Pacet sendiri adalah lokasi dan topografinya nya menarik. Daerah pengunungan dengan pemandangan yang indah dan hawa pegunungan yang sejuk, menjadikan wisata alam Pacet memiliki nilai lebih jika  dibandingkan kawasan wisata di daerah lain. Oleh karena itu dengan semua potensi dari Kecamatan Pacet sendiri sebagai kawasan wisata alam, dengan akses lokasi wisata yang baik, upaya pengembangan yang perlu dilakukan berupa perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan keamanan dan kenyamanan, serta peningkatan promosi dan image Pacet adalah kawasan wisata alam yang aman dan nyaman.

 Dari semua pemaparan diatas sudah jelas kenapa kabupaten mojokerto pengembangan wilayahnya fokus kepada industri kecil menengah dan pariwisatanya, entah itu wisata sejarah ataupun wisata alam. Karena industri kecil menengah dan pariwisata sangat berpotensi di pasaran internasional, selain itu juga berpotensi memperkenalkan kabupaten mojokerto  di kancah internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar