Selasa, 13 Mei 2014

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN KURIKULUM 2013 DENGAN KTSP

SKILL
Persamaan :
Dalam aspek kemampuan (skill) dari kedua kurikulum menuntut siswa untuk dapat mendeskripsikan dan menganalisis suatu objek kajian pembelajaran.

Perbedaan :
Kedua kurikulum (KTSP dan 2013) memiliki perbedaan yang sangat jelas dalam aspek skill, jika dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pelajar Siswa hanya dituntut cerdas secara kognitif (olahpikir) saja atau hanya memiliki Hardskill, sedangkan untuk kemampuan afektif (olahrasa) atau softskill peserta didik masih cenderung kurang begitu sebaliknya, namun dalam kurikulum 2013 ditambahkan hardskill  berupa penguasaan teknologi. Hal ini karena dalam kurikulum 2013 sudah ditambahkan nilai-nilai sikap dan karakter untuk membangun pribadi bangsa yang baik secara logis dan emosional.


PENGETAHUAN
Persamaan :
Dari aspek pengetahuan dari kedua kurikulum relatif sama kedua-duanya masih membahas seputar hakikat geografi, tata surya, jagad raya dan fenomena-fenomena geosfer.

Perbedaan :
Secara umum dari kedua kurikulum tersebut tidak memiliki perbedaan yang menonjol, namun dalam pembahasan masing-masing materi kurikulum mengupas secara lebih mendetail dan dalam kurikulum 2013 juga ditambahkan materi kebencanaan yang tidak ada di dalam kurikulum 2006 (KTSP). Peserta didik juga dituntut untuk dapat mengkomunikasikan dan mengevaluasi.


NILAI SIKAP
Persamaan :
Dari aspek nilai sikap saya tidak menemukan sama sekali persamaannya karena kurikulum 2006 hanya menuntut siswa cerdas secara kognitif saja.

Perbedaan :
Aspek nilai sikap dalam kurikulum 2013 sangat ditonjolkan sedangkan di kurikulum 2006 tidak kita dapati seperti sikap proaktif, sikap menghargai dan mensyukuri nikmat atas penciptaan tuhan, sikap tanggung jawab, dan sikap responsif  yang merupakan dasar fondasi untuk terjun ke masyarakat secara langsung.  Siswa juga dituntut dapat bekerjasama untuk menciptakan kecerdasan sosial dalam lingkungannya.






NILAI KARAKTER
Persamaan :
Dari aspek nilai karakter saya tidak menjumpai persamaan dari kurikulum 2006 dan kurikulum 2013.

Perbedaan :
Nilai karakter yang terkandung dalam kurikulum 2013 sangat banyak jika dibandingkan kurikulum 2006, diantaranya kurikulum 2013 menanamkan kejujuran, tanggung jawab, kerjasama,cinta damai.


POLA
Pola pembelajaran pada kurikulum 2013 sudah sangat bagus karena pada awal kompetensi dasar peserta didik selalu diajarkan untuk mensyukuri nikmat penciptaan sang kuasa. Setelah itu dilanjutkan dengan penguasaan konsep dengan cara peserta didik dituntut untuk dapat mendeskripsikan lalu sudah menganalisis konsep-konsep yang sudah mereka pelajari. Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pelajar pola pembelajarannya masih kurang baik karena antara pemahaman konsep dan praktik analisis masih tidak berjalan beriringan sehingga peserta didik cenderung kurang memahami konsep-konsep yang mereka dapat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar