SKILL
|
Persamaan :
Dalam aspek kemampuan (skill) dari kedua kurikulum menuntut
siswa untuk dapat mendeskripsikan dan menganalisis suatu objek kajian
pembelajaran.
Perbedaan :
Kedua kurikulum (KTSP dan 2013)
memiliki perbedaan yang sangat jelas dalam aspek skill, jika dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pelajar Siswa hanya
dituntut cerdas secara kognitif (olahpikir) saja atau hanya memiliki Hardskill, sedangkan untuk kemampuan
afektif (olahrasa) atau softskill peserta
didik masih cenderung kurang begitu sebaliknya, namun dalam kurikulum 2013
ditambahkan hardskill berupa penguasaan teknologi. Hal ini karena
dalam kurikulum 2013 sudah ditambahkan nilai-nilai sikap dan karakter untuk
membangun pribadi bangsa yang baik secara logis dan emosional.
|
PENGETAHUAN
|
Persamaan :
Dari aspek pengetahuan dari kedua
kurikulum relatif sama kedua-duanya masih membahas seputar hakikat geografi,
tata surya, jagad raya dan fenomena-fenomena geosfer.
Perbedaan :
Secara umum dari kedua kurikulum
tersebut tidak memiliki perbedaan yang menonjol, namun dalam pembahasan
masing-masing materi kurikulum mengupas secara lebih mendetail dan dalam
kurikulum 2013 juga ditambahkan materi kebencanaan yang tidak ada di dalam
kurikulum 2006 (KTSP). Peserta didik juga dituntut untuk dapat
mengkomunikasikan dan mengevaluasi.
|
NILAI SIKAP
|
Persamaan :
Dari aspek nilai sikap saya tidak
menemukan sama sekali persamaannya karena kurikulum 2006 hanya menuntut siswa
cerdas secara kognitif saja.
Perbedaan :
Aspek nilai sikap dalam kurikulum 2013
sangat ditonjolkan sedangkan di kurikulum 2006 tidak kita dapati seperti
sikap proaktif, sikap menghargai dan mensyukuri nikmat atas penciptaan tuhan,
sikap tanggung jawab, dan sikap responsif
yang merupakan dasar fondasi untuk terjun ke masyarakat secara
langsung. Siswa juga dituntut dapat
bekerjasama untuk menciptakan kecerdasan sosial dalam lingkungannya.
|
NILAI KARAKTER
|
Persamaan :
Dari aspek nilai karakter saya tidak
menjumpai persamaan dari kurikulum 2006 dan kurikulum 2013.
Perbedaan :
Nilai karakter yang terkandung dalam
kurikulum 2013 sangat banyak jika dibandingkan kurikulum 2006, diantaranya
kurikulum 2013 menanamkan kejujuran, tanggung jawab, kerjasama,cinta damai.
|
POLA
|
Pola pembelajaran pada kurikulum 2013
sudah sangat bagus karena pada awal kompetensi dasar peserta didik selalu
diajarkan untuk mensyukuri nikmat penciptaan sang kuasa. Setelah itu dilanjutkan
dengan penguasaan konsep dengan cara peserta didik dituntut untuk dapat
mendeskripsikan lalu sudah menganalisis konsep-konsep yang sudah mereka
pelajari. Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pelajar pola pembelajarannya masih
kurang baik karena antara pemahaman konsep dan praktik analisis masih tidak
berjalan beriringan sehingga peserta didik cenderung kurang memahami
konsep-konsep yang mereka dapat.
|
Selasa, 13 Mei 2014
PERSAMAAN DAN PERBEDAAN KURIKULUM 2013 DENGAN KTSP
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar